Batman Begins - Help Select

Thursday, June 13, 2013

Perempuan dan Seni Bela Diri


Perempuan dan Seni Bela Diri

Belajar bela diri berarti menjadi agresif, reaktif dan tidak lembut sama sekali. Lalu, jika seorang wanita tidak ingin kehilangan sisi lembutnya, berarti bela diri harus disingkirkan jauh-jauh?
Pemikiran tersebut mungkin sering muncul bagi perempuan yang sedang mempertimbangkan untuk belajar bela diri. Saat menghadapi situasi seperti ini, alasan utama yang mendorong keinginan untuk belajar perlu dipertimbangkan ulang. Jika alasannya adalah karena kebutuhan untuk dapat mempertahankan diri dari ancaman kejahatan, maka sebenarnya ia telah berada di jalur yang tepat.
Sesungguhnya, sangat banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan belajar metode pertahanan diri. Mampu mempertahankan diri, itu sudah jelas. Di masa dengan tingkat kriminal tinggi seperti sekarang, kemampuan ini akan membantu untuk mampu menanggulangi bahaya. Manfaat bagi kesehatan tentu merupakan hal yang otomatis didapat karena untuk melakukan latihan berarti juga melakukan olahraga. Sebuah olahraga, terlebih yang didasari kesenangan, berarti juga merupakan sebuah rekreasi. Setiap orang tentu sudah tahu manfaat rekreasi sebagai sarana melepaskan diri dari tekanan akibat rutinitas kerja.
Bagi kaum perempuan, belajar bela diri bukan berarti menghilangkan sisi feminin. Dalam hal ini mungkin perlu diingat lagi bahwa ditinjau dari suatu sisi, bela diri adalah sebuah seni. Menekuni suatu suatu seni akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengembangan jiwa dan mental dan memberikan ketenangan bagi praktisinya. Sangat banyak seniman yang terlihat sangat muda dan cerah bahkan membuat orang keliru menebak usianya. Inilah keindahan yang terdorong ke permukaan sebagai manfaat dari kematangan karakter.
Bela diri adalah sebuah seni. Dan sebagai sebuah seni, selalu ada keindahan di dalamnya.

Catatan :
Tulisan ini diinspirasi dari tulisan Margaretta Christita, praktisi karate DAN II serta merupakan alumni UKM Karate INKAI UGM.

1 comment:

  1. aku setuju dengan artikel tersebut
    tapi seni bela diri apa yang cocok untuk gadis yg berusia 17 tahun sepertiku?
    dan ini merupaka awal pertama kalinya aku akan memasuki seni bela diri
    mohon bantuannya ya

    ReplyDelete