Batman Begins - Help Select

Thursday, June 13, 2013

Lebih dari Sekedar Memecahkan Bata

demo memecahkan genteng

Lebih dari Sekedar Memecahkan Bata

Seorang mahasiswa melihat atraksi dari sebuah klub karate dan tergugah untuk mengikuti kegiatan tersebut. Ia kemudian mendaftar dan menjalani latihan rutin bersama mahasiswa lainnya. Latihan telah berjalan sebulan, dua bulan bahkan sampai berbulan-bulan kemudian dan setiap kali latihan ia belajar gerakan dasar, jurus, cara bertarung dan kembali lagi ke gerakan dasar. Saking jenuhnya, akhirnya dia pun bertanya, “Kapan latihan mecahin batu batanya?”
Ternyata ia sangat menunggu latihan memecahkan batu bata.

Disadari atau tidak, hal ini sangat sering terjadi dan mungkin Anda adalah salah satu yang pernah mengalaminya. Anggota yang bergabung sangat ingin bisa memecahkan bata seperti demonstrasi teknik yang mereka lihat. Memecahkan batu bata, balok es dan benda keras lainnya bisa jadi merupakan suatu kebanggaan, pikir mereka. Tentunya, ada andil para demonstran juga dalam hal ini karena mereka memilih menampilkan teknik tersebut dan membuat calon anggota baru ‘sedikit’ salah sangka.
Latihan karate mungkin tidak akan melakukan latihan memecahkan benda keras dalam rutinitas latihannya. Ada banyak alasan, misalnya penekanan latihan yang lebih dimaksudkan ke arah penyempurnaan teknik atau keterbatasan dalam menyediakan genteng dan batu bata. Kalaupun ada latihan memukul, para pelatih akan mengajar anggotanya dengan memukul angin, samsak atau makiwara (semacam tonggak kayu yang diberi jerami) yang tujuannya untuk membiasakan tangan memukul dengan baik.
Lalu, jika dalam latihan tidak ada memukul bata, kenapa ditampilkan dalam atraksi?
Mudah dipahami bahwa sebuah atraksi pasti dimaksudkan untuk menarik minat calon anggota. Sebenarnya ada banyak yang ditampilkan dalam demo, mulai dari gerakan dasar, peragaan jurus, simulasi bertarung dan atraksi memecahkan benda keras dapat dikatakan sebagai penegas. Kenapa penegas? Karena dengan mengikuti setiap latihan dengan baik, pada akhirnya Anda akan bisa memecahkan bata jika memang itu tujuan Anda. Sebagian besar atraksi memecahkan batu bata dilakukan hanya dengan sedikit persiapan. Modalnya tentu saja adalah latihan gerakan dasar yang telah dilakukan rutin sehingga memperkuat badan dan mental karateka.
Akhir kata, jangan pernah merasa tertipu jika Anda adalah salah seorang yang mungkin pernah terjebak dalam persepsi keliru ini. Apapun tujuannya, latihan karate tetap akan memberikan manfaat sangat besar bagi Anda. Tetaplah semangat berlatih!

1 comment:

  1. Iya benar itu,,,,saya juga lagi mengalami hal tersebut,,anggota saya(kohai2) minta agar mereka di ajar kan untuk mematah kan batu bata dgn tangan mereka,hampir setiap kali latihan mreka menanyakan hal itu,,,mungkin ada benar nya yg admin bilang,mungkin mereka mulai bosan dgn gerekan2 dasar yg hanya itu dan itu,,,,tank ya min ini artikel saya saya jabarkan dalam latihan besok he he

    ReplyDelete